Rabu, 11 Agustus 2010

Wanita Hebat

Para Wanita cantik bertanya-tanya dimana rahasiaku terletak
Aku tidak mungil atau memiliki bentuk tubuh yang aduhai
Tetapi ketika aku mulai mengatakan pada mereka,
Mereka pikir aku berdusta
Aku berkata,
Itu dalam jangkauan tanganku,
Dalam rentang pahaku,
Dalam jengkal langkahku,
Dalam cibiran bibirku.
Aku seorang wanita
Secara luar biasa.
Wanita yang hebat.
Itulah aku.

Aku berjalan memasuki ruangan
Sesejuk kamu menyambut,
Dan kepada seorang lelaki,
Orang-orang yang berdiri atau berlutut,
Lantas mereka mengerumuniku,
Sarang lebah madu.
Aku berkata,
itu adalah api dalam mataku,
dan kemilau gigiku,
Goyangan dalam pinggulku,
Dan kegembiraan dalam kakiku.
Aku seorang wanita
Secara luar biasa
Wanita yang hebat,
Itulah aku.

Kaum lelaki sendiri bertanya-tanya
Apa yang mereka lihat dalam diriku.
Mereka berusaha mati-matian
Tapi mereka tidak dapat menyentuh
Misteri batinku.
Ketika aku mencoba menunjukkan pada mereka
Mereka mengatakan mereka tidak dapat melihat.
Aku mengatakan,
Itu dalam lengkuhan punggungku,
Mentari senyumku,
Debaran jantungku,
Keanggunan gayaku,
Aku seorang wanita
Secara luar biasa.
Wanita yang hebat,
Itulah aku.

Sekarang kamu mengerti
Mengapa kepalaku tidak tertunduk
Aku tidak berteriak atau melompat
Atau bicara begitu keras.
Ketika kamu melihatku berlalu
Itu harusnya membuatmu bangga.
Aku mengatakan,
Itu ada dalam bunyi tumitku,
Dalam rambutku yang mengombak,
Dalam tapak tanganku,
Kebutuhan akan kepedulianku.
Sebab aku seorang wanita
Secara luar biasa.
Wanita yang hebat,
Itulah aku.

-Maya Angelou-
Dalam Buku : "Chicken Soup for the Woman's Soul"
)-(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar